Siapun bisa berkhianat

Your comment You are on bisnis Edit posts?

Setiap orang yang berpropesi sebagai seorang pembisnis atau pemiliki perusahaan tentunya mempunyai visi dan misi dalam menjalankan usahanya . Hal itu dilakukan karena untuk memperjelas target dan pencapaian dari kegiatan usaha itu baik yang berkaitan dengan keuntungan(profit)maupun peningkatan kualitas produk baik barang maupun jasa lebih jauh lagi sasaranya adalah ekspansi pasar. Tentunya itu semua ada aturan main tersendiri yang nantinya di harapkan tidak menyimpang dari jalur yang telah di tentukan  yang berkaitan dengan visi dan misinya dan tidak melanggar norma – norma dalam bisnis dengan kata lain dalam berbisnis harus mempunyai apa yang di namakan dengan ETIKA secara harfiah yaitu menunjukan sikap yang baik dalam berbisnis. Etika dan integritas merupakan suatu keinginan yang murni dalam membantu orang    lain.  Kejujuran    yang   ekstrim,   kemampuan      untuk    mengenalisis    batas-batas kompetisi     seseorang,    kemampuan       untuk   mengakui      kesalahan    dan   belajar   dari kegagalan.
 Di dunia bisnis untuk mencapai sasaran dan target  terkadang di hadapkan dengan hambatan yang datang dari kompetisi  bukan hanya ada di luar perusahaan tetapi ada juga dalam internal perusahaan itu sendiri  misalnya karyawan yang kurang memiliki integritas terhadap perusahaan sehingga ia dengan leluasa melakukan penyimpangan dan kecurangan dengan cara memanipulasi data – data. Persaingan yang tidak sehat bukan hanya merugikan kita sebagai pemilik tetapi juga client kita yang di rugikan dengan goodwiil (kepercayaan)yang selama ini mereka percayakan kepada kita Kompetisi       inilah   yang     harus    memanas       belakangan      ini.  Kata     itu mengisyaratkan       sebuah   konsep    bahwa    mereka    yang   berhasil   adalah   yang   mahir menghancurkan        musuh-musuhnya.        Banyak   yang    mengatakan      kompetisi    lambang ketamakan.   Padahal,   perdagangan   dunia   yang   lebih   bebas   dimasa   mendatang   justru mempromosikan kompetisi yang juga lebih bebas.
Ketika seseorang telah menerima sebuah kepercayaan dari dari pimpinanya maka sepatutnyalah mereka menggunakan kepercayaan itu untuk dapat membuktikan bahwa dirinya pantas memegang amanat itu bukan malah menggunakan wewenangnya untuk kepentingan dirinya sendiri dengan mengorbankan kepentingan orang banyak dengan perbuatan tidak jujur.   
Apabila kita di hadapkan dalam kondisi sebagai seorang pemilik perusahaan maka sikap kita yang harus di lakukan adalah mengantisipasi semua kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang entah itu dari bawahan kita yang tidak jujur  ataupun dari rekan bisnis. Adapun caranya yaitu dengan cara sebagai berikut :
1.       Tidak memberikan kepercayaan penuh kepada siapapun karena setiap orang cenderung akan berkhianat
2.       Selalu mewaspadai segala tindakan yang di ambil oleh bawahan kita yang dapat merugikan perusahaan contohnya : karyawan dengan etika buruk maka sebaiknya di PHK saja malas bekerja, tidak jujur, pembohong
3.       Mengontrol semua yang berkaitan dengan arus kas (uang) dari mulai masuk sampai keluar karena pos ini cenderung rentan untuk dimanipulasi.
4.       Jangan Memberikan informasi rahasia peruhasaan kepada siapapun
5.  Jangan Bertindak Nepotisme hal itu sebenarnya akan merugikan diri seorang bisnisman

« Previous
 
Next »
 

1 komentar:

bener juga tuh gan.. paling sulit dr segalanya adlah kepercayaan.

berkunjung juga ya...

Your comment / Siapun bisa berkhianat