Jaringan Otak dan kelupaan

Your comment You are on lupa Edit posts?







Bagaimana perasaan kita ketika mengingat sesuatu namun lupa untuk mengutarakanya?Tentu rasanya hal itu kesel, dongkol dan kecewa manakala kita sedang berbicara namun tiba – tiba kita lupa untuk mengutarakanya. Ingatan yang berhubungan dengan Otak dalam mengulas balik kejadian yang telah berlalu yang di simpan dalam memori otak ketika kita membutuhkannya memori otak tersebut bisa di panggil kembali. Banyak orang sering di susahkan dengan penyakit lupa ini terutama orang yang sudah mulai lanjut usia 65tahun keatas yang di tandai dengan perubahan mood dan perilaku, sulit berpikir abstrak, mengalami perubahan kepribadian, dan kehilangan inisiatif karena semakin bertambahnya usia tingkat daya ingatpun menurun.
Bila di gambarkan dalam sebuah komputer Otak adalah sebuah processor pusat pengiriman data yang dikirim ke seluruh tubuh selain memberikan perintah ke seluruh tubuh Otak memberikan inisiatif dalam membentuk sebuah idea tau gagasan dan kemampuan penyimpananya jauh melebihi kapasitas hardisk komputer terbesar sekalipun. Otak manusia Beratnya hanya 2% dari total berat badan kita, ternyata otak membutuhkan tak kurang dari 30% energi kita setiap hari, 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh.
 Otak mengirimkan sinyal pesan kimia yang di sebut neurotransmitter yang mengijinkan setiap cell otak untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. tetapi orang yang mengidap penyakit alzeimer(kepikunan) mengalami penurunan jumlah neurotransmitter.Di masa anak – anak jaringan otak terbentuk sekitar 1000triliun kemudian dimasa dewasa jaringan tersebut terbentuk dua kali lipat namun karena meningkatnya usia dan  kurangnya memeliharanya sedikit – demi sedikit jaringan – jaringan tersebut berkurang akibat penyakit seperti alzeimer,stroke, tekanan darah tinggi, down sidrom,kolestrol tinggi atau karena hal lain, seperti meminum alcohol, nikotin, kafein, kurang tidur, stress bisa menjadi penyebabnya. Adapun untuk mengatasi tingkat kelupaan para ilmuwan percaya dengan olah raga teratur, diet yang baik, makan makanan bergizi untuk otak hal itu bisa mencegah atau mengurangi tingkat kelupaan seseorang.

« Previous
 
Next »
 

1 komentar:

ralat dikit bukan alzeimer tapi alzheimer :) ya bener ini penyakit trjdi di usia lanjut.
btw hrs rajin olahraga ni biar dya ingat jdi kuat :D
salam kenal

Your comment / Jaringan Otak dan kelupaan