Membaca Melatih Kejeniusan

Your comment You are on membaca jadi jenius Edit posts?


Membaca adalah jendala dunia mungkin ungkapan seperti itu sering kita dengar atau kita lihat di mading perpustakaan – perpustakaan yang tujuanya mendorong agar siswa senang akan membaca dengan membaca mereka dapat melihat sejarah, pengetahuan, penemuan – penemuan atau tokoh – tokoh terkenal. Banyak siswa yang membaca hanya di waktu – waktu tertentu saja misalnya ketika akan ada ujian, atau ada tugas yang membutuhkan bahan materi yang harus ia baca padahal sebenarnya membaca bukan hanya di jadikan kewajiban siswa dalam belajar tetapi membaca adalah sebuah kebutuhan yang harus di penuhi manakala mengingkan sebuah pencerahan akan pengetahuan baru.
Di Negara – Negara maju semisal jepang membaca adalah sebuah kebudayaan ini terlihat ketika banyak pemuda – pemudanya yang membawa buku kemanapun mereka pergi seperti di dalam kereta mereka membaca, sedang berada di taman mereka membaca bahkan kadang di dalam wc pun mereka membaca.
Hal ini memberikan gambaran  kepada kita bahwa bagi mereka membaca adalah sebuah kebutuhan sehari – hari di samping makan dan minum maka efek dari kebudayaan membaca yang mereka lakukan bangsa jepang terkenal akan kualitas sumber daya manusianya yang kompeten, sejarah telah membuktikan bahwa mereka mampu bangkit dari kehancuran perang dunia kedua hanya kurang dari 50 tahun setelah kota Hiroshima dan Nagasaki di hancur leburkan oleh sekutu. Untuk itu kenapa kita sebagai bangsa Indonesia tidak mencontoh bangsa jepang yang maju akan teknologinya dengan meningkatkan sumber daya manusianya yang berkualitas dengan cara membudayakan membaca?bila itu terjadi bukan tidak mungkin kita juga akan mampu menjadi bangsa yang unggul di antara bangsa – bangsa yang lain.supaya membaca dapat di jadikan sebagai kebutuhan kita sehari – hari .
 ada beberapa tips yang bisa kita lakukan diantaranya :
1.      bacalah jenis – jenis buku yang paling kita sukai
2.      bawalah buku kemana saja kita pergi
3.      mulailah membaca dengan bacaan yang ringan seperti majalah
4.      rasakan manfaatnya setelah kita membaca
5.      jangan pernah membaca di jadikan beban
tips diatas dapat kita coba mudah- mudahan budaya membaca menjadi bagian dari hidup kita

« Previous
 
Next »
 

7 komentar:

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Gak ngerti, kenapa orang Indonesia kok pada males baca. Gak munafik sih, terutama aku. Aku suka baca, tapi ya bacaan-bacaan gak penting gitu. Misal kayak buku komedi, atau yang berisi hiburan aja, sementara buku pengetahuan nggak. Agak menyedihkan emang

Mungkin ini karna faktor gak terbiasa dan males membiasakan diri?

bagus tulisannya...

hemmm...membaca memang penting terbukti wawasan kita makin luas dan gak keliatan "lemot" saat berkomunikasi dengan orang lain..

Sebenarnya membaca itu lebih enak dan menyenangkan dibandingkan menonton tv. Karena banyak pengetahuan yg kita peroleh, sedangkan menonton tv memang menghibur, tetapi lebih sedikit pengetahuan yg kita peroleh dan berisiko membuat mata cepat lelah, beda dg membaca tdk membuat mata lekas lelah meskipun setengah harian waktu kita pergunakan untuk itu (membaca).

Salam

terimakasih atas pendapatnya..semoga bermafaat

saya juga sangat suka membaca. membaca dapat meningkatkan kosakata bahasa Indonesia dan kalau bisa dituangkan ke dalam tulisan. akan menjadi hasil yang sempurna

Your comment / Membaca Melatih Kejeniusan