Harus menjadi miskin

Your comment You are on harus menjadi miskin Edit posts?

Secara istilah Orang miskin adalah orang yang secara harta selalu berkurangan dan selalu berusaha untuk melepaskan diri dari kesulitan tersebut.namun yang saya bahasa di sini miskin bukan artian secara harta namun secara ilmu, maka jadilah anda orang miskin. Lho kok kita jadi disuruh miskin? Iya anda harus merasa miskin dari segi ilmu sehingga terus berusaha untuk mencari ilmu sebanyak mungkin. Berbeda dengan orang yang merasa dirinya telah kaya ilmu maka sikapnya adalah selalu merasa lebih pintar dari orang lain dan cenderung tidak mau menerima nasehat sekalipun nasehat itu baik itu dirinya.
            “carilah ilmu dari buaian sampai liang lahat” mungkin kita pernah mendengar nasehat seperti itu yang di sampaikan nabi kita Muhammad SAW yang intinya menyuruh umatnya belajar belajar dan belajar tidak ada kata istilah berhenti belajar. Belajar kapan saja dan dimana saja, dan ingat belajar tidak harus kepada orang yang lebih tua atau lebih ahli belajar itu bisa kepada siapa saja, mungkin bisa dari anak kecil dengan melihat sifat kejujuran, dan ketulusan mereka kita bisa mengambil pelajaranya darinya.
            Ubahlah pandangan kita bahwa belajar harus melalui lembaga formal seperti sekolah, lembaga kursus, bahkan universitas atau institute, sekali lagi sya tekankan belajar itu bisa di mana saja di rumahpun kita bisa belajar dari orang tua kita, di tempat kerja juga bisa belajar dari atasan kita atau rekan kerja lebih jauh lagi dimana pun kita saat ini di situ ada pelajaran yang bisa di ambil ilmunya.
Jadilah miskin ilmu sehingga kita menjadi kaya ilmu dan janganlah merasa kaya ilmu sehingga kita menjadi miskin akan ilmu.
Tip belajar yang baik
1.perhatikan sekitar
perhatikan sekitar kita baik itu teman, saudara, orang lain apa yang mereka perbuat bagaimana akibat dari perbuatan mereka terhadap dirinya misalnya kita mempunyai teman yang keseharianya sangat malas lalu dampak apa yang akan dia terima dari perbuatanya mungkin akan di benci temanya, selalu di marahi orang tuanya, di hindari banyak orang disitu kita bisa menarik pelajaran dari setiap perbuatan.

2. jangan memilih – milih ilmu
Ketika kita belajar dapatkan ilmu sebanyak mungkin apapun ilmu itu yang bisa membawa manfaat kedalam diri kita , jangan pisahkan antara ilmu dunia dan akherat sehingga kita akan berfikir sempit dalam memandang sesuatu. Belajarlah ilmu pengetahuan dengan di barengi dengan pengetahuan agama sehingga hidup kita akan seimbangan
3.belajar bukan untuk menjadi kaya
Sebagian dari kita mungkin pernah berfikir bahwa dengan sekolah setinggi mungkin hidup kita akan terjamin dan sejahtera, hal tersebut tidak salah namun tidak dapat di benarkan karena tujuan kita mendapatkan kemanfaatan dari ilmu tersebut bukan untuk mendapatkan harta atau materi yang banyak niatkan belajar kita hanya untuk Allah SWT adapun kekayaan materi adalah sebagai hadiahnya. Belajar adalah suatu proses pendewasaan diri dengan ilmu hidup ini akan menjadi lebih mudah dan terarah.
 4. jangan pernah putus asa dalam mencari ilmu
Tidak sedikit orang yang gagal karena akibat dari keputusasaan itupun sering terjadi dari para pencari ilmu yang kadang susah mengerti susah hapal dan sering lupa dan memamhami suatu ilmu. Teruslah berjuangan ilmu akan kita pahami dengan sendirinya manakala diri kita selalu sabar dalam mencarinya
« Previous
 
Next »
 

4 komentar:

ditambahin gan. supaya memikirkan bahwa belajar itu bukan buat orang lain, tapi buat diri sendiri. mungkindengan cara itu dia bisa lebih semangat... karena Indonesia biasanya Individualismenya tinggi.hehe

salam blogwalking gan....

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

terimakasih brother atas komentarnya

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya Indonesia

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Your comment / Harus menjadi miskin