Jangan takut membuka usaha


Mungkin diantara kita masih bingung dalam mencari ide untuk memulai suatu usaha sehingga terus mencari - cari usaha yang cocok buat kita itulah sedikit dari  sebagian dari permasalahan orang yang akan terjun dari dunia usaha yang takut kalau ide yang ia miliki tidak cocok dan akhirnya gagal . akibatnya kita  merasa segan untuk memulainya dan akhirnya menciptakan peluang usaha tak kunjung terlaksana karena tidak keberanian dalam mengaplikasikan sebuah ide. don't worry guys?.
semua pasti ada solusinya dan solusi untuk menciptakan usaha yang kita inginkan lebih jauh lagi menciptakan pekerjaan untuk orang lain dan memberikan manfaat terhadapnya maka untuk memulainya adalah dengan sebuah keberanian.
Keberanian bukan berarti nekat tetapi berani untuk mengambil resiko baik yang menguntungkan maupun sebaliknya. keberanian dalam memulai menjadi salah satu faktor yang sangat menentukan ketika kita mempunyai sebuah impian untuk menjadi seorang pengusaha namun impian itu hanya sebatas dalam pikiran saja tanpa ada aksi sama saja dengan sebuah angan- angan. cobalah aksi dan setelah itu tunggu reaksinya apakah kita berhasil atau gagal dalam usaha karena sebuah keberhasilan dan kegagalan adalah sebuah resiko yang harus kita dapat semakin kita sungguh – sungguh untuk memulai sesuatu maka resiko keberhasilan akan kita dapatkan.
 Jangan takut untuk mencoba, karena seorang bayipun untuk bisa berjalan ia setidaknya harus jatuh dalam 80 kali menurut penelitian, burung pun baru bisa terbang setelah ia sering jatuh dari sangkarnya, dan manusiapun untuk berhasil tentu akan sering mengalami kegagalan terlebih dahulu dan menurut seorang Robert Kiyosaki pengarang Cash Flow Quadrant untuk menciptakan bisnis dan sistemnya  setidaknya seseorang pengusaha harus mengalami jatuh bangun selama sepuluh tahun wow lama banget yah…itu bukan menjadi sebuah masalah karena semua hal memerlukan sebuah proses.  Namun yang terpenting adalah bagaimana kita memulai dari sesuatu yang tadinya menakutkan dan mustahil untuk di lakukan menjadi sesuatu yang mungkin untuk di lakukan.
Jadi  jangan takut untuk membuka usaha bagi seorang yang ingin jadi pengusaha jangan   karena memikirkan kegagalan maka hal itu  bisa menghambat langkah kita untuk menggapai sebuah kesuksesan

the great succes is only man use powerfull for change being condition.

Ada beberapa tips yang bisa di coba untuk memulai sebuah usaha :
  1. Mulailah membuka usaha dengan sebuah hobi
Berapa banyak pengusaha yang sukses yang semua awalnya dari hobi yang tadinya sekedar untuk memuaskan diri malah menjadi menghasilkan misalnya seorang yang hobi memasak bisa jadi ia akan membuka usaha restoran atau seorang yang hobi otomotif pada akhirnya ia akan membuka sebuah bengkel. Karena tidak menutup kemungkinan dari hobi bisa menghasilkan karena seorang yang hobi dalam bidang tertentu seolah – olah untuk menjalani tidak akan menjadi sebuah beban dan hal itu tidak akan membuat cepat putus asa  ketika mengalami sebuah kerugian karena menurutnya apa yang ia kerjakan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Contoh pengusaha yang bermula dari hobi adalah bill gates yang hobinya mengutak ngatik program komputer di garasinya menjadi seorang yang filantrofis dalam bidangnya, dan kesuksesan dirinya  membuat perusahaan Mincrosoft.

  1. Jangan selalu ikut – ikut dalam membuka usaha
Ada sebagian orang yang latah dalam menciptakan usaha misalnya ketika booming – boomingnya handphone maka banyak orang yang tiba- tiba membuka counter yang dikirinya usaha tersebut akan membawa keberuntungan, namun apa di kata karena terlalu banyaknya outlet ataupun counter handphone kompitisi dan daya saing semakin meningkat akibatnya banyak counter yang gulung tikar.
  1. Menjadi pengusaha membutuhkan tutor
Seorang yang mempunyai guru dalam bidangnya tentu akan berbeda dengan orang yang belajar secara otodidak  dan hal inipun sama bagi seorang pengusaha artinya untuk menjadi seorang yang hebat dalam bidang usaha kita membutuhkan bimbingan dari orang – orang yang berpengalaman dimana mereka mempunyai banyak pengalaman  sehingga pengalamanya bisa berguna buat kita. Ibaratnya pemandu jalan yang mengetahui kalo di depan ada jurang maka ia akan mengalihkan jalan yang di anggap berbahaya. Banyak diantaranya seminar – seminar dalam menciptakan peluang usaha yang hebat diantaranya andri wongso, bong Chandra, tung dasem waringin bisa salah satunya kita ikuti.
  1. Buat usaha yang jangka panjang
Kita membuat usaha yang tidak hanya berjalan sebulan atau dua bulan tetapi membuat usaha yang bisa berjalan mungkin puluhan tahun. Jangan tergoda ketika ada suatu peluang usaha karena keuntungannya yang cepat dalam membalikan modal namun hal itu tidak berlangsung lama. MLM misalnya mungkin diawalnya mereka semangat dalam mengejar target dengan berbagai product yang di tawarkan tetapi hal itu hanya sesaat paling lama bisa bertahan 5 tahun setelah itu tidak berjalan lagi. Jadi buatlah usaha yang sekiranya minimal bisa bertahan 10 tahun dan maksimalnya tidak terbatas oleh karena itu pikirkan untuk membuka usaha yang produknya selalu di butuhkan oleh masyarakat baik sekarang maupun yang akan datang.

.

« Previous
 
Next »
 

2 komentar:

makasih gan udah lengkap..

Cukup memberi semangat..

Your comment / Jangan takut membuka usaha