Banyak memberi banyak menerima



Setiap orang pasti menginginkan dirinya mendapatkan sesuatu bukan hanya berupa harta benda (materi) tetapi juga yang lainya mungkin juga ilmu, kebahagiaan, ketenangan hidup. Itu semua memang tidak mudah untuk mendapatkannya perlu pengorbanan namun terkadang orang beranggapan bahwa segala sesuatu  bisa di dapatkan hanya dengan uang, mereka telah menganggap bahwa kebahagiaan bisa di beli dengan uang, ilmu bisa di beli dengan uang, bahkan ketenangan juga bisa di dapatkan dengan uang.pemikiran – pemikiran yang seperti ini yang terus menjadi bagian dari kehidupan sehari – hari akibatnya kita  cenderung berfikir arogansi, individualis, dan yang tak kalah extrime adalah liberalis. Sehingga dalam kehidupan yang terpenting adalah bagaimana kepentingan kita tercapai tanpa memikirkan sekitar dalam arti orang – orang yang berada dalam kondisi yang memprihatinkan, fakir miskin, yatim piatu, janda – janda miskin. Padahal jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan yang merupakan tujuan dari kehidupan maka banyak – banyaklah memberi karena dengan memberi kita akan banyak menerima, lho bukanya memberi itu akan menghabis sesuatu yang kita miliki?secara fisik memang benar namun secara metafisik sesunguhnya kita akan menerima apa yang telah kita keluarkan untuk orang lain secara ikhlas. Mungkin kita terpesona dengan kekayaan yang dimiliki  bill gates sebagai salah satu orang terkaya didunia yang keyaanya mencapai sekitar 54 miliar pada tahun 2011 dollar (596triliun ) dan ternyata bill gates telah menyumbangkan sekitar 27miliar dollar untuk kepentingan social, pendidikan, yayasan amal, pengobatan aids dll. Lantas secara  realita bill gates akan jatuh miskin ternyata hal itu tidak terjadi malah dia tetap berada dalam urutan orang – orang terkaya didunia.
Itulah penggambaran bagaimana orang – orang yang mendapatkan kesuksesan besar mereka memulainya dengan banyak memberi dengan apa yang dimiliki baik memberi dengan harta, tenaga bahkan ilmu. Semua sistem yang ada didunia ini memiliki system input(masukan)  dan output (keluaran) ketika system output(keluaran) telah terjadi maka inputan akan cepat diproses. Maka ketika kita ingin mendapatkan apa yang kita harapkan maka cepat – cepatlah memberikan apa yang saat ini kita dapatkan. Contohnya ketika kita ingin mendapatkan uang yang lebih dari sekarang maka sering – seringlah untuk shadaqoh, menyantuni yatim piatu, zakat dll.
Didunia ini berlaku hukum kausailtas dimana ada sebab pasti ada akibat, ketika sebabnya kita sering memberi maka akibatnya kita akan sering menerima meskipun nantinya yang kita terima bukan hanya sebatas uang ataupun materi tetapi yang kita terima itu yang terbaik buat kita, misalkan kesehatan, ilmu, sahabat, istri, anak dll.
Biasakanlah setiap hari kita selalu memberi dengan kebiasaan maka akan membentuk kepribadian menjadi seorang yang selalu bederma dan pada akhirnya akan menciptakan takdir kita yang baik dimulai saat kita memberi.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Banyak memberi banyak menerima