Ancaman - ancaman dalam email


Dunia internet terutama email bukan merupakan komunitas yang aman sama sekali dari kejahatan. Walaupun kita hanya mengirim dan menerima email saja namun kriminalitas dengan menggunakan fasilitas email masih saja terjadi. Kejadian tersebut antara lain :
  1. spamming
spamming merupakan proses pengiriman email kepada orang yang tidak menghendaki atau meminta isi email tersebut. Jumlah email yang dikirim bisa satu, puluhan atau bahkan sampai ribuan. Penerimanyapun tidak hanya satu bahkan bisa ratusan atau juga ribuan. Isi email yang dikirim itu biasanya sama, dan percuma ketika kita membuka satu persatu.
Bentuk yang parah dari penyebab adanya spamming ini adalah flooding artinya emailbox account kita dibanjiri dengan yang sama sehingga jumlahnya melampaui kuota alokasi emailbox yang disediakan. Akibatnya email – email penting tidak dapat masuk atau bahkan bisa mengakibatkan DOS(denial of service ) pada email server yaitu diberi perintah kepadanya). Untuk mengatasinya maka anda perlu memberi filter pada email client anda missal seperti Outlook Express sehingga kiriman alamat email tertentu yang telah kita spesifikasikan terlebih dahulu akan langsung dihapus.
2.spoofing
Spoofing merupakan penyalahgunaan alamat email oleh orang lain. Bila kita menjadi korban spoofing makan akan ada orang lain yang seolah – olah menerima email dari kita padahal kita pernah mengirimnya. Selain itu alamat email juga bisa didaftarkan pada beberapa milis sehingga kita akan menerima email yang cukup banyak dari berbagai milis.
Bagaimana kita tahu kita telah menjadi korban spoofing?tidak ada, sampai orang lain marah/protes kepada kita dan hanya bisa meyakinkan bahwa kita tidak pernah mengirimkan email tersebut. Walaupun sebenarnya , secara teknis kita bisa melihat identitas dari servere mana email tersebut dikirim. Untuk mengantisipasinya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan antara lain :
-          memiliki akun email yang lebih dari Satu
-          dimana satu account digunakan untuk kepentingan milis, diskusi dan sebagainya , sedangkan account yang lain untuk kepentingan pribadi
-          tidak terlalu mencantumkan anama diri pada user name, anda bisa menggunakan nama panggilan, nick name, singkatan atau bahkan dengan kombinasi angka.
  1. Virus Email
Virus dapat menyebar melalui email tetapi tidak pada emailnya melainkan pada attachment yang dibawanya. Anda perlu hati – hati terhadap attachmen yang dibawa oleh file pengolahan dokumen juga telah terbukti membawa virus seperti doc, (Microsoft word) dan lebih baik anda menggunakan eksistensi .rtf yang telah terbukti lebih aman. Pada akhir – akhir ini virus local yang banyak menyebar dan merusakan beberapa komputer yaitu virus borontok dan varianya sebagian besar penyebaranya melalui media email. Untuk mengantisipasi  hal tersebut, hendaknya anda perlu menscan attachment yang disertakan dan pastikan software antivirus selalu terupdate secara teratur.
4.Hoax
Email yang berisi tipuan menakuti atau menjanjikan kita suatu hal yang mustahil terjadi misalnya :
-          meminta untuk memforward email tersebut karena jitak tidak nyawa anda akan terancam
-          ajakan untuk ikut serta dalam barisan dengan menggunakan email berantai
-         meminta untuk memforward email tertentu pada beberapa orang karena jika email tersebut di forward akan mendapatkan hadiah undian.




referensi 
buku panduan internet untuk pemula karangan Eko priyo Utomo,ST

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Ancaman - ancaman dalam email