Teknik menghafal pelajaran


Teknik cara menghafal pelajaran

            Banyak jalan menuju roma mungkin itulah ungkapan dimana banyak teknik menghafal pelajaran dimana setiap orang berbeda dalam menangkap setiap pelajaran ada yang hanya mendengarkan penjelasan guru dia bisa mengerti ada  juga dengan cara menulis dia dapat memahami pelajaran atau malah ada juga dengan sering bertanya dia cepat memahaminya. Memang setiap manusia diberi kelebihan masing – masing yang setiap orang berbeda dalam menangkap setiap apa yang mereka pelajari namun yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana dia dapat memaksimalkan kelebihan yang dimiliki sebagai cara untuk dapat berprestasi dengan teknikmenghapal pelajaran yang ia gunakan.
Nah, untuk teman – teman yang memang sedikit malas terutama berurusan dengan mata pelajaran yang tidak disukai baik itu mata pelajaranya yang susah maupun guru yang menerangkan yang kurang kita senang dengan kata lain ada guru yang killer bin ilfeel..hehe jadi ketika teman- teman ingin mengembangkan kemampuan belajar dengan menggunakan teknik menghafal pelajaran yang dikuasai oleh diri kita sendiri karena memang yang tahu akan kelebihan kita hanya kita sehingga bisa mengembangkanya untuk kemajuan diri kita sendiri gitu lho teman – teman.

Teknik menghafal pelajaran dengan visual

            Teknik menghafal pelajaran dengan cara ini dimana mayoritas menggunakan indera penglihatan baik itu media gambar, video, ataupun hal yang berkaitan dengan bentuk apa yang kita lihat. Umumnya teknik menghafal pelajaran dengan cara visual sering digunakan bagi mereka yang dominan menggunakan otak kanan dimana berhubungan dengan imajinasi ciri mereka yang menggunakan teknik menghafaldengan pelajaran adalah :
1. senang akan gambar – gambar dan mudah di ingat ketika menghafal menggunakan media gambar
2. senang menonton hal yang bersifat visual seperti nonton film
3. mempunyai kreatifitas atau kemampuan jago dalam menggambar
4. Senang menuangkan ide – ide dengan cara menghayal dalam arti berimajinasi
Nah jika teman- teman memiliki salah satu sifat tersebut berarti teknik menghafal pelajaran yang pas untuk teman – teman adalah dengan cara visual dengan dibantu media seperti membuat mind map(peta pikiran), symbol –simbol khusus  atau  dengan cara merekam aktivitas belajar sehingga   akan mudah memahami inti dari pelajaran dengan teknik menghafal pelajaran yang teman – teman sendiri kuasai. Sehingga cara visual sebagai salah satu teknik menghafal pelajaran  inilah yang akan memudahkan dalam menghafalkan pelajaran.

Teknik menghafal dengan audio

Nah untuk teknik ini tentu hubunganya sangat erat dengan suara jadi artinya teman – teman yang mampu memahami pelajaran dengan tteknik menghafalkan pelajaran cuman dengan mendengarkan saja berarti teman – teman memang mempunyai kelebihan dalam hal ini. Adapun ciri – cirinya adalah :
1. Lebih suka mendengarkan dibanding dengan aktif berbicara
2. sering merekam suara untuk di hafalkan kembali
3. Bisa konsentrasi ketika mendengarkan musik
Itulah dari sebagian orang yang sering menggunakan kelebihan audionya untuk belajar dalam teknik menghafal pelajaran jadi sekarang tinggal pilih apakah ingin menggunakan visual atau audio.

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Teknik menghafal pelajaran