Cara menghafal pelajaran matematika



bisa dikatakan sebagai salah satu rutinitas yang memang sangat malas untuk dilakukan terleb ih ketika dituntut untuk menghafal sesuatu yang kita tidak menyukainya dan hal itu tentu akan memberatkan kita sebagai pelajar

.Namun terkadang sebagai pelajar yang dituntut untuk mengusai pelajaran meskipun pelajaran tersebut sangat sulit seperti menghafal pelajaran matematika. Memang cara menghafal pelajaran matematika berbeda dengan menghafal pelajaran – pelajaran lain yang bersifat social yang kebanyakan mengingat fakta dan keterangan sehingga metode yang digunakan dalam

cara menghafal pelajaran matematika

membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dimana melibatkan formula rumus – rumus yang umumnya membuat sebagian orang yang tidak menyukainya merasa bosan dan tidak ingin menghafalnya. Dalam beberapa buku yang terkait dengan masalah psikologi pelajaran atau mata kuliah dimana kebanyakan pelajar atau mahasiswa tidak mengusainya bukan mereka bodoh atau tidak memiliki kemampuan dalam bidang itu tetapi beban psikologis yang membuat pelajaran tersebut dianggap susah dengan kata lain mereka membencinya sebelum mengenal lebih jauh dari pelajaran – pelajaran yang sulitnya contohnya matematika, kimia, fisika.

Tahap awal cara menghafal pelajaran matematika

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa cintai dan kenali pelajaran matematika tersebut sehingga pandangan kita terhadap matematika yang dianggap sulit akan terbuang jauh, intinya dengan mengenal kita akan mencintai dan setelah mencintainya maka kita merasa apa yang kita pelajari mempunyai timbal balik yang baik untuk kita. Ketika kita telah tahu bahwa manfaat belajar matematika dengan  caramenghafal pelajaran matematika dengan baik secara langsung kita akan mudah untuk  mengingatnya baik itu rumus – rumus yang sering digunakan baik itu trigonometri, pitagoras, algoritma dll. Jadi untuk tahapan awal cara menghafal pelajaran matematik adalah dengan mengenal dan mencintai pelajaran tersebut.
Tahap lanjut cara menghafal pelajaran matematika
Setelah kita melakukan tahapan proses pertama dimana kita mengenal cara menghafal pelajaran matematikamulai dari sejarahnya, tokoh- tokohnya, perkembanganya sampai dengan keuntungan jika kita dapat mengusainya maka tahapan selanjutnya dalam cara menghafal matematika adalah dengan cara latihan. Lho kok disuruh latihan baru juga kenal sama matematika sudah disuruh latihan lagi??iya bisa karena biasa tidak ada jalan pintas dalam mencapai sesuatu tanpa melakukan perjuangan sebagian orang yang sudah mahir dengan ilmu matematika ini dan sebagian diantaranya telah mengikuti kejuaraan salah satunya adalah Olimpiade matematika mereka setiap hari tak kurang dari 3 jam digunakan untuk melakukan latihan – latihan soal baik itu mengenal rumus dari yang  mudah sampai dengan rumus yang sulit dengan tujuan mereka terbiasa dan ketika sudah terbiasa akan menjadi bisa. Ingat dibalik otak sadar kita ada otak bawah sadar yang kekuatanya melebihi otak sadar yang mempengaruhi sekitar 90% prilaku dan untuk memunculkan kekuatan otak bawah sadar itu perlu latihan yang berulang- ulang sehingga pada akhirya menjadi terbiasa.

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cara menghafal pelajaran matematika