Penipuan di internet


Internet yang merupakan bagian dari revolusi informasi telah memberikan dampak yang sangat luas baik untuk pendidikan,social, politik dan bisnis. Media yang 24 jam digunakan untuk berbagai keperluan para pemakainya ternyata tidak hanya digunakan untuk kegiatan yang positif tetapi ada diantaranya digunakan untuk sebagian orang yang ingin meraup untung dengan jalan melakukan penipuan di internet (fraud) terhadap orang lain. Banyaknya penipuan yang terjadi terkait dengan bisnis online yang banyak sekarang ini dimana toko – toko online atau kegiatan yang berbasis e-commerce yang memperjual belikan barang secara online yang hanya menampilkan gambar dari barang tersebut. Kasus – kasus penipuan di internet bukan sekali dua kali terjadi namun sudah ribuan orang menjadi korbanya mulai dari modul jual beli palsu, mendapatkan kuis, sumbangan social dll. Kerugian yang dideritapun mencapai jutaan dollar perharinya namun jarang dari pelaku tertangkap atau sampai dihukum karena perbuatanya melakukan penipuan di internet.
Hati – hati terhadap banyak modus penipuan di internet
Menurut beberapa penelitian paling banyak penipuan di internet ketika melakukan pembelian secara online dimana pembeli disuruh untuk melakukan transfer antar rekening dan dijanjikan akan dikirimkan barang dengan segera setelah transfer uang dilakukan namun pada kenyataan barang yang kita beli secara online tak kunjung datang dan ketika dicek ketempat toko yang tertera dalam web si penjual ternyata alamat toko tersebut adalah palsu. Ketika telah mendapati banyak kasus seperti ini maka kita harus senantiasa hati – hati terlebih baru pertama kali melakukan pembelian di internet jangan mau di bujuk dengan informasi harga yang murah dan kualitas yang bagus manakala barang yang dijanjikan tersebut tidak ada.
Bagaimana cara menghindari penipuan di internet
Mencegah lebih baik dari pada mengobati mungkin itulah ungkapan yang tepat manakala kita lebih baik waspada daripada baru sadar ketita telah menjadi korban penipuan di internet, barang – barang  mulai dari handphone, Ipad, Notebook sampai Kendaraan memang menarik perhatian di internet karena banyaknya iklan yang selalu di pajang disetiap halaman web membuat orang yang melihatnya untuk mengklik halaman tersebut untuk mengetahui iklan lebih lanjut karena menarik perhatian dengan menampilkan beberapa kelebihan dan salah satunya adalah harganya yang murah. Dengan harga yang jauh diatas rata – rata harga pasar membuat siapapun pasti tertarik untuk membeli padahal dibalik itu merupakan sebuah modus penipuan di internetyang memancing para korbanya. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut kita jangan lantas percaya dengan informasi sampah yang belum tentu jelas kebenaranya, sebaiknya ketika ada keinginan untuk membeli barang – barang di internet maka harus di cek terlebih halu tempat/toko offline dimana alamat tersebut berada, jangan mau ketika harus melakukan DP via transfer  terlebih dahulu ketika kita menanyakan alamat mereka dimana kita ingin memastikan tempatnya.jadi jangan membeli barang di situs yang tidak jelas apalagi situs yang gratisan, yang kurang terpecara dan hati – hati juga semodel membeli barang di toko online semisal toko bagus ataupun kaskus dimana kebanyakan para penipu di internet berusaha menyusup dengan menawarkan barang yang murah dengan dalih cuci gudang padahal mereka sebenarnya mau melakukan penipuan di internet. Intinya kita jangan mudah percaya untuk membeli secara online sebelum kita tahu tempatnya dan telah mempunyai kredibilitas (kepercayaan) sebelum memutuskan untuk membeli secara online.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Penipuan di internet