Cara memahami pelajaran


Kita mungkin sering dikesalkan dengan beberapa materi mata kuliah yang di ajarkan dosen mengalami kesulitan dalam memahaminya, padahal kita telah berusaha mempelajari materi tersebut baik ketika sebelum materi tersebut disampaikan atau pada saat mengulang kembali. Kejadian yang seperti itu pernah saya alami dan kadang hal tersebut membuat bosan untuk belajar karena berfikir bahwa belajar tidak ada gunanya kalau apa yang kita pelajari tidak kita pahami. Dan puncaknya mengalami kesulitan pada saat uts dan uan nilai materi yang kurang kita pahami cenderung jeblok semua nilanya. Namun hal itu tidak berlangsung lama karena saya berusaha mencari cara agar kejadian yang serupa tidak terulang lagi diantara cara – cara untuk memahami agar materi yang disampaikan oleh dosen agar bisa terserah adalah sebagai berikut :
1.       Kenali mata kuliah dan cintai
Tak kenal maka tak sayang itulah ungkapan yang bisa kita terapkan pada beberapa mata kuliah yang sulit untuk dipahami cara pertamanya yaitu dengan mengenali terlebih dahulu tujuan dari ilmu yang diajarkan apabila kita telah mengetahui manfaatnya secara otomatis kita akan mencintai kegunaan dari ilmu tersebut.
2.       Tulis ketika dosen menerangkan
Tulislah poin – poin penting dari mata kuliah yang diajarkan karena menurut penelitian dengan menulis maka kita akan mengingat sekitar 65% dari apa yang telah diajarkan
                3     Tanyakan apabila kita mengerti
Kadang ketika dosen telah selesai menerangkan ada beberapa diantaranya kurang jelas gunakanlah kesempatan untuk bertanya sebagai cara supaya kita lebih paham.
4     Diskusi dengan teman
Diskusikanlah materi -  materi yang dianggap  susah dengan teman – teman kita yang lebih paham karena dengan berdiskusi akan memudahkan kita dalam mengingat kembali.
                5.  buat mind map(peta pikiran)
Teknik ini sangat berguna untuk memahami isi dari suatu materi secara keseluruhan dengan menitik beratkan pada penjelasan poin – poin utamanya. Untuk mengetahui lebih jelasnya mind map silahkan cari saja di google
                6. Ulangi sebelum tidur
  Dengan mengulangi sebelum tidur hal itu akan membuat pikiran bawah sadar kita menerima informasi dan akan dibawa otak bawah sadar sehingga informasi yang kita baca sebelum tidur akan menjadi ingatan jangka panjang.
                7. Berdoa
Yakinkanlah dengan berdoa kita akan mampu memahami setiap apa yang kita pelajari atas bantuan Allah SWT
Itulah tip-tips menurut pengalaman saya semoga bermanfaat
Dan jika anda berminat silahkan download E-book cara memahami pelajaran bahasa inggris disini








« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cara memahami pelajaran